Kamis, 10 November 2011



Bahasa dan Cipher Misterius

the wrong kind of petting10 Bahasa dan Cipher Misterius
Ada banyak contoh sistem misterius yang belum terpecahkan: kode, sandi, bahasa dan peta. Daftar ini akanterfokus pada sepuluh sistem misterius yang kurang dikenal dibandingkan Peta Vineland ataupun Naskah Voynitch. Berikut ini sepuluh cipher, peta dan bahasa yang masuk kategori misterius.
Cipher di British Libraryedward vii postbox endsleigh street wc1   royal cipher   geograph org 10 Bahasa dan Cipher Misterius
Di British Library setidaknya ada tiga buku [naskah] yang seluruhnya ditulis dalam bentuk sandi. Yang pertama berjudul ” The Subtlety of Witches,” ditulis oleh Ben Ezra Aseph [1657], sementara yang kedua memiliki judul panjang: ” Order of the Altar, Ancient Mysteries to Which Females Were Alone Admissible: Being Part the First of the Secrets Preserved in the Association of Maiden Unity and Attachment” [1835]. Lalu, yang ketiga memiliki judul “Mysteries of Vesta” [mungkin dari tahun 1850]
Bahasa Peruvianperu  machu picchufull10 Bahasa dan Cipher Misterius
Baru-baru ini ditemukan sebuah surat 400 tahun yang ditulis oleh penulis Spanyol tak dikenal. Sama seperti penulisnya, surat itu juga mengungkapkan bahasa Peru yang sebelumnya tidak diketahui. Surat itu ditemukan di reruntuhan sebuah gereja kuno Kolonial Spanyol di El Brujo di Peru bagian utara pada tahun 2008. Surat tersebut merupakan catatan yang tampaknya menerjemahkan bahasa tak dikenal ke dalam bahasa Spanyol dan angka Arab.
Meskipun bahasa baru itu mungkin meminjam bahasa Quechua yang sampai saat ini masih dipakai oleh penduduk asli Peru, jelas bahwa itu adalah bahasa yang sama sekali baru dan tidak dikenal. Bahasa ini kemungkinan adalah salah satu dari dua bahasa yang disebutkan dalam teks-teks kontemporer, “Quingnam” atau “Pescadora” yang berarti “bahasa nelayan.” Bahasa ini mungkin didasarkan pada budaya Inca karena terjemahkan angka menunjukkan penggunaan sistem nomor berbasis puluhan (Maya menggunakan sistem nomor berbasis dua puluh).
Peta Ptolemiusptolemymaplarge110 Bahasa dan Cipher Misterius
Seorang Yunani terkenal, Claudius Ptolemius, memasukkan peta ‘Germania Magna’ dalam Geographianya. Pada tahun 150, ia memutuskan untuk menciptakan “Google Earth” pertama dan menciptakan 26 peta dengan tinta berwarna pada kulit hewan yang katanya menggambar dunia yang kemudian dikenal. Meskipun tidak pernah mengunjungi Jerman, ia menggunakan catatan dan dokumen untuk menggambar petanya. Dalam petanya itu, ia menandai 96 kota di Jerman.
Setelah bekerja selama enam tahun, sebuah tim surveyor dan pemeta mengklaim bahwa mereka berhasil memetakan kembali ke-96 kota Jerman dalam Geographia Ptolemius dengan mencocokkan koordinat. Kota-kota yang berhasil dicocokkan itu antara lain Jena, Essen dan Fürstenwalde. Masing-masing kota itu disebut Ptolomeus dalam petanya sebagai Bicurgium, Navalia Susudata. Ini adalah satu-satunya contoh dalam daftar ini yang tampaknya telah benar-benar dipecahkan.
Cipher Feynmanrichard p10 Bahasa dan Cipher Misterius
Di awal lahirnya internet, seseorang yang mengaku sebagai mahasiswa pascasarjana dari fisikawan brilian Dr. Richard Feynman, memposting pesan ke daftar kriptologi internet. Ia mengatakan bahwa Dr. Richard Feynman memberikan tiga sampel kode pada sesama ilmuwan di Los Alamos. Dr. Feynman sendiri tidak bisa memecahkan mereka. Jadi, mahasiswa pascasarjana memposting pesan tersebut berharap orang lain bias memecahkannya. Salah satu kode berhasil diterjemahkan oleh John Morrison dari Jet Propulsion Laboratory (JPL). Ternyata, isinya tentang pembukaan cerita Chaucer’s Canterbury. Dua lainnya tetap belum terpecahkan.
Cipher Feynman dapat dilihat di sini.
Transkrip Anthonanthontranscript8 Bahasa dan Cipher Misterius
Transkrip Anthon berupa sepotong kecil kertas yang berada di tulisan tangan Joseph Smith, Jr, pendiri Mormon. Di kertas itu terdapat beberapa baris karakter yang ada pada Golden Plates Pelat Emas (catatan kuno yang diklaim Smith sebagai terjemahan Kitab Mormon).
Dinamakan Transkrip Anthon karena, pada tahun 1828, kertas itu disampaikan kepada Charles Anthon. Charles Anthon pada waktu itu adalah seorang ahli tulisan klasik terkenal di Columbia University sehingga diharapkan bisa mengotentikasi dan menerjemahkan karakter.
Menurut Anthon, tanda di kertas “Caractors” itu tampaknya hanya merupakan tiruan dari berbagai karakter abjad dan sama sekali tidak ada artinya. Kemungkinan besar, “Caractors” dalam Transkrip Anthon dipinjam dari berbagai sumber [mungkin versi singkat Alkitab] dengan karakter acak untuk memberikan penampilan bahasa yang benar.
Cipher HMAS Sydneysydney10 Bahasa dan Cipher Misterius
Apa yang dikenal sebagai HMAS Sydney adalah kapal patroli cepat Angkatan Laut Australia. Pada 19 November 1941, kapal itu terlibat pertempuran dengan Kormoran, kapal patroli Jerman. Dibandingkan Kormoran, Sydney lebih besar, lebih kuat dan lebih bersenjata. Kendati demikian, Sydney justru mengalami banyak kerugian ketimbang Kormoran. Ada yang mengatakan jika kemenangan diraih Kormoran karena kapal itu lebih cepat dan akurat. Namun, ada dugaan jika komandan Jerman menggunakan tipu muslihat untuk memancing Sydney ke dalam jangkauan tembak atau melibatkan sebuah kapal selam Jepang.
Peristiwa sebenarnya yang terjadi dalam pertempuran antara Sydney dan Kormoran sekarang diyakini sebagai bagian yang ditutup-tutupi. Dari sinilah Cipher Sydney kemudian muncul. Kapten Kormoran, Kapten Detmers, ditangkap dan dikirim ke sebuah kamp tawanan perang Australia setelah Kormoran tenggelam. Pada tahun 1945, Detmers mencoba melarikan diri dari kamp POW, tapi tertangkap kembali. Saat tertangkap, pada dirinya ditemukan sebuah buku harian yang tampaknya telah ditulis dalam kode Vigenere. Detmer telah menempatkan titik-titik kecil di bawah huruf-huruf tertentu dalam buku hariannya. Buku harian itu diteruskan kepada Kriptoanalisis Australia dan analisis mereka menunjukkan bahwa buku harian itu dikodekan dalam kode Vignere yang mudah diuraikan. Menurut analisis, Detmers sedang mencoba menyembunyikan deskripsi keterlibatan antara Sydney dan Kormoran. Tapi, masalahnya adalah mengapa Detmers menggunakan kode yang mudah diuraikan?
Misteri semakin dalam ketika dokumen Australia lainnya mengklaim jika buku harian itu tidak semuanya ditulis dalam kode Vigenere, tetapi kode Jerman yang tidak ditentukan Perang Dunia II. Disebutkan bahwa buku harian itu menggunakan sistem Inggris yang disebut kode Playfair, kode lain yang telah rusak pada 1941. Jika itu benar, mengapa pula Detmers menggunakan kode yang telah rusak? Yang mana yang benar? Apakah Detmers menggunakan kode Vigenere? Apakah ia menggunakan kode Jerman yang tidak diketahui? Atau apakah ia menggunakan kode Playfair Inggris?
Cipher Bellaso5060842721 f1895b919e10 Bahasa dan Cipher Misterius
Pada tahun 1553, seorang kriptografer Italia, Giovan Battista Bellaso, menerbitkan panduan kriptografi yang disebut “La Cifra del Sig. Giovan Battista Bellaso.” Ia kemudian menerbitkan dua edisi lainnya pada tahun 1555 dan 1564. Dalam panduan itu, Bellasso menyertakan beberapa tantangan untuk dipecahkan pembacanya. Bellaso menulis tentang ciphernya: “Mereka [cipher] mengandung beberapa hal yang indah yang menarik untuk diketahui.” Bellaso berjanji untuk mengungkapkan isi ciphernya jika tidak ada yang berhasil memecahkan mereka dalam waktu satu tahun, sesuatu yang gagal dilakukan. Tujuh cipher tantangan tetap tak terpecahkan hinnga akhirnya seorang Inggris bernama Tony Gaffney berhasil memecahkan salah satu dari mereka pada tahun 2009. Apa yang ia temukan adalah link tak terduga yang terkait dengan obat astrologi Renaissance. Prestasinya begitu luar biasa mengingat ia tidak bisa membaca bahasa Italia.
Gaffney kemudian menindaklanjuti dengan dengan memecahkan cipher Bellaso nomor 7. Ini bahkan lebih luar biasa karena cipher nomor 7 punya tipe yang sama sekali berbeda dengan yang digunakan oleh Bellaso.
Le Livre des Sauvagesdelivering on his promise10 Bahasa dan Cipher Misterius
Emmanuel-Henri-Dieudonné Domenech adalah Pater Prancis, misionaris dan penulis yang menjawab panggilan untuk mengembangkan Gereja Katolik di Texas pada tahun 1846. Ia pertama kali pergi ke St Louis, menyelesaikan studi teologi, lalu pergi ke Castroville, Texas, kemudian kembali ke Prancis di mana ia bertemu Paus, kemudian kembali ke Texas di mana ia mendarat di Brownsville selama masa perang Meksiko-Amerika. Ia kemudian kembali ke Prancis, kembali ke Meksiko, kembali ke Eropa [kembali sekali lagi ke Amerika, pada tahun 1880] dan menghabiskan tahun-tahun sisa hidupnya sebagai seorang penulis perjalanan gerejawi.
Domenech menghasilkan dokumen sangat aneh dan misterius yang ditemukan di Bibliotheque de l’Arsenal di Paris. Menurut Domenech, buku yang dikenal sebagai “Le Livre des Sauvages.” bukan karyanya, tapi sebuah karya penduduk asli Amerika. Tapi, kritikus Jerman mengatakan bahwa buku itu banyak menggunakan kata-kata dalam bahasa Jerman dan karakter dalam teksnya. Juga dilengkapi dengan gambar aneh. Para kritikus Jerman berpikir jika simbol-simbol yang tidak diketahui dan gambar misterius dalam teks itu hanya coretan acak anak-anak. Tapi gambar tongkat tampaknya karya orang dewasa, khususnya orang dewasa yang sangat bermasalah secara seksual.
Catatan Ricky McCormickricky mccormick note 110 Bahasa dan Cipher Misterius
Pada tanggal 30 Juni 1999, mayat Ricky McCormick [41] ditemukan di sebuah lapangan di St Charles County, Missouri. Dikatakan bahwa McCormick bermasalah dengan jantung dan paru-parunya, tinggal bersama ibunya dan mendapatkan cacat pada saat kematiannya.
Di dalam sakunya ditemukan catatan enkripsi yang ditulis tangan. Apakah catatan itu adalah petunjuk kematiannya? Kriptoanalisis FBI, Racketeering Records Unit (CRRU) dan asosiasi kriptogram Amerika gagal untuk menguraikan makna catatan itu. Catatan dan kematian Ricky McCormick terdaftar sebagai salah satu kasus CRRU teratas yang belum terpecahkan.
Dua belas tahun kemudian, FBI berubah pikiran dan percaya McCormick mungkin telah dibunuh. Mereka juga percaya apa yang tertulis dalam catatan itu mungkin menjelaskan kematiannya dan menunjukkan si pembunuh. Pada 29 Maret 2011, FBI meminta pemecah kode dunia untuk membantu menentukan makna dari pesan kode. Dalam beberapa hari dari posting pesan di Internet, situs FBI dibanjiri pesan dari penawaran ide-ide umum, saran dan bantuan. Menurut anggota keluarga yang McCormick, McCormick telah menggunakan catatan dienkripsi sejak ia masih kecil, tapi rupanya tak seorang pun di keluarganya pernah tahu bagaimana memecahkan kode. Sekarang, terserah kepada publik untuk mencoba membantu FBI memecahkan catatan ini.
Bahasa Si Kembar
crcrc
Cryptophasia adalah fenomena khas bahasa yang dikembangkan dan hanya dapat mengerti oleh anak-anak kembar (identik atau fraternal). Istilah ini berasal dari kata Crypto yang berarti rahasia dan fasia yang berarti gangguan bicara. Kebanyakan ahli bahasa mengasosiasikan cryptophasia dengan idioglossia.
Setelah dianggap sebagai fenomena langka, sekarang dipahami bahwa cryptophasia mungkin terjadi pada 40% anak kembar. Meskipun cryptophasia biasa terjadi, bahasa unik si kembar ini akan segera menghilang seiring dengan bertambahnya usia mereka.
Tampaknya si kembar mengadopsi atau memanfaatkan sebuah bahasa orang dewasa, tetapi hanya sebagian. Hal ini dapat terjadi ketika orang dewasa tidak sering melakukan kontak dengan anak-anak. Biasanya, dua saudara kandung atau lebih [biasanya kembar, tetapi tidak selalu] tumbuh bersama selama fase akuisisi bahasa dan model atau memperoleh bahasa orang dewasa secara tidak sempurna. Jika model dewasa tidak ada, maka anak-anak menggunakan satu sama lain sebagai model. Ini bukan berarti anak-anak menciptakan bahasa mereka sendiri, meskipun mereka menciptakan kata-kata sendiri. Tampaknya mereka memanfaatkan kemungkinan-kemungkinan fonologi yang terbatas. Kata-kata yang hampir tidak dikenali, bahasa bisa berubah menjadi benar-benar tidak dapat dipahami penutur bahasa model.
Contoh paling dikenal dari bahasa kembar adalah Poto dan Cabengo [nama asli mereka Grace dan Virginia Kennedy] yang menggunakan bahasa yang tidak diketahui orang lain sampai usia sekitar delapan tahun. Poto dan Cabengo juga menjadi judul sebuah film dokumenter tentang gadis-gadis yang dibuat oleh Jean-Pierre Gorin dan dirilis pada tahun 1979.
Sumber:duniakukoma.blogspot.com/2011/11/bahasa-dan-chiper-misterius.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar